Rekrutmen merupakan prose pemenuhan sumber kebutuhan SDM dalam suatu perusahaan untuk menyampaikan nilai perusahaan kita kepada konsumen.

Cara merekrut orang ada 2 cara yaitu

  1. Hire tim
  2. Freelancer-outsourching

Jika ingin meng-hire tim sendiri pastikan adalah pekerjaan berulang yang akan dikerjakan secara terus menerus. Misalnya bagian kasir. Alasan pemilihan untuk meng-hire tim sendiri adalah biayanya lebih murah untuk jangka panjang. Selain itu kita punya kontrol penuh atas talenta.

Jika Freelancer-outsourcing pastikan adalah pekerjaan yang tidak berulang. Misalkan restoran Anda ingin membuat logo, desain daftar menu baru. Dalam hal tersebut Anda tidak perlu meng-hire tim. Lebih baik mengambil jasa freelancing karena hanya sekali kerja projek.

Kapan kita melakukan rekrutmen?

Sebelumnya pastika pekerjaan itu bisa didelegasikan ke pekerja. Tanda-tanda Anda sudah waktunya untuk melakukan rekrutmen.

  1. Kalau saya kerjakan hal tersebut saya akan kehilangan kesempatan yang lebih besar. Contohnya membungkus obat herbal. Anda jago di marketing. Jika Anda fokus di marketing maka hasilnya penjualannya akan jauh lebih baik. Sudah seharusnya ANda merekrut orang baru.
  2. Pada suatu pekerjaan merasa kesakitan. Mengorbankan waktu tidur, waktu berkumpul dengan keluarga.
  3. Ada orang yang lebih profesional untuk mengerjakan pekerjaan tersebut.

Siapa orang yang kita rekrut?

Hal ini tergantung dengan jenis pekerjaan. Jangan repot memikirkan nama pekerjaan. Bisa jadi detail job desk nya nanti tidak sama dengan nama posisinya.

Kadang seringkali pekerja merasa ditipu karena pekerjaan yang dikerjakan tidak sesuai dengan apa yang ada di iklan.

Gambarkan alur proses yang dapat memberikan gambaran, mana aktivitas yang kita bisa kerjakan sendiri dan dan mana yang perlu didelegasikan ke tim. Apakah perusahaan kita menjual barang? Atau juga sekaligus memproduksi barang?. Setelah itu kita tentukan posisi mana yang diperlukan.

Sebelum memberi nama pada lowongan pekerjaan. Awali dengan penjabaran/list pekerjaan (job desk) yang akan didelegasikan. Carilah job title yang sesuai dengan pekerjaan tersebut.

Setelah itu buatlah persyaratan yang memenuhi dari job desk pekerjaan. Persyaratan yang harus memudahkan untuk menyeleksi kandidat. Semakin banyak persyaratan maka akan semakin terbatas pilihan kandidat yang kita punya. Semakin sedikit persyaratan maka akan semakin banyak peminat sehingga kita memerlukan mekanisme seleksi yang lebih ketat.

Misalkan job desk lowongan yang diperlukan adalah mendesain logo/konten instagram, membuat brief konten. Mungkin nama lowongan yang tepat adalah grafik desainer. Setelah itu buatlah deskripsi deskripsi singkat serta persyaratannya

Perlu diketahui masing-masing posisi membutuhkan karakter orang berbeda-beda. Guru yang baik bukan lantas baik untuk dijadikan kepala sekolah. Guru yang baik mungkin pandai mengajar, sabar dengan murid. Namun menjadi kepala sekolah dibutuhkan kemampuan administratif, kepemimpinan serta punya koneksi yang baik. Kuncinya adalah pahami kebutuhan posisi serta syarat orang seperti apa yang cocok untuk mengisi posisi tersebut.

Misalkan:

  1. Desainer grafis dibutuhkan orang yang kreatif.
  2. Advertising punya sifat analitik yang kuat, punya curiosity yang tinggi untuk melakukan uji coba.
  3. Tim sales punya sifat orang yang ramah dan pengetahuan baik tentang produk.
  4. Manager punya kemampuan leadership
  5. dll

Mudah-mudahan artikel ini membantu Anda. Terimakasih. Assalamualaikum wr. wb.

Share this post