Salah satu cara mengoptimalkan iklan FaceBook agar lebih efektif adalah dengan memanfaatkan Facebook audience. Facebook audience merupakan opsi yang ada di digital ads (iklan). Tujuannya untuk menentukan audience yang sesuai dengan syarat atau keinginan kita sendiri. Sehingga iklan kita akan lebih efektif, optimal serta dapat menjangkau target market yang kita inginkan.

Ada 3 jenis custom iklan FaceBook yaitu Core Audience, Custom Audience, Lookalike Audience.

Core Audience merupakan audience yang paling dasar, dan tentunya paling banyak digunakan sebagai targeting. Settingan dasar seperti umur, jenis kelamin, tempat tinggal, dan interest atau kebiasaan dari target audience kita.

Misalnya kita mau membuat iklan dengan target audience: laki-laki, usia 20-35, berada di Bandung, dan suka dengan sepak bola.

Custom Audience lebih menargetkan audience yang sangat spesifik. Tidak hanya sekedar jenis kelamin, umur dan interest tapi jauh lebih spesifik lagi. Misalnya kita bisa menargetkan audience yang pernah masuk ke website kita, audience yang pernah berinteraksi dengan Facebook Page kita, audience yang pernah berinteraksi dengan akun Instagram kita, audience yang pernah masuk ke toko online kita dll.Tujuannya agar audiencenya lebih sesuai dengan iklan sehingga iklannya  bisa lebih winning.

Lookalike audience merupakan audience yang dalam beberapa aspek tertentu dapat dikatakan “mirip” dengan custom audience telah yang kita buat. Misalnya, kita membuat custom audience dari orang-orang yang pernah memfollow akun instagram kita.

Kemudian berdasarkan custom audience tersebut, kita membuat audience yang “mirip” dengan follower Instagram kita. Harapannya jika mereka melihat iklan kita, mereka juga akan menjadi follower Instagram kita. Cara membuat lookalike audience kurang lebih sama dengan custom audience, hanya saja kita harus memilih Create a lookalike audience. Note: Gunakan Lookalike audience hanya jika saat Anda ingin menghabiskan stok barang.

Bosen boncos mulu? maunya iklannya winning? Yuk belajar bareng di link berikut.



Share this post