Mungkin Juragan pernah/sedang jualan online?
Apakah kesulitan utama Juragan saat berjualan online?

Mungkin Juragan pernah mengalami permasalahan hal berikut:
Customer sudah tanya-tanya tapi masih aja ragu untuk beli?
Dapat orderan tapi customer KABUR dan GAK JADI bayar?

Salahnya ada dimana?
Apakah cara penyampaiannya kurang baik?
Apakah bahasanya kurang sopan?


Berikut adalah teknik closing saat membalas chat customer:

  1. Pertama Ucapkan salam
    Untuk ucapan salam gunakan “kakak”. Pilihan kata-kata ini agar lebih umum dan bisa digunakan ke semua kalangan  baik bapak-bapak, ibu-ibu, laki-laki maupun perempuan.
  2. Menggunakan foto profil wajah
    Gunakan foto profil wajah di Whatsapp. Jangan foto anime, atau tanaman, atau cangkir dll. Tujuannya agar calon customer merasa berbicara dengan manusia bukan robot. Hal ini akan membuat orang lebih merasa aman dan percaya dengan kita.
  3. Berikan pertanyaan bukan pernyataan
    Pada follow up (FU) pertama jangan gunakan kalimat pernyataan tapi gunakan kalimat pertanyaan.

    Contoh FU-1 kurang tepat, “Selamat siang Kak. Hari ini kita ada promo loh!”.
    Contoh FU-1 yang tepat, “Selamat siang kak. Hari ini  hari ini mau transfer jam berapa kak? pesanan sudah kami siapkan ya.
  4. Buatlah Follow Up dengan format berbeda-beda
    Saat pertama kali follow up biasanya tidak semua customer mau melakukan transfer. Oleh karena itu diperlukan follow up beberapa kali. Jumlah follow up ini tidak boleh banyak-banyak karena customer bisa jenuh.

    Format follow up 1, 2, 3,4 harus berbeda-beda. Tujuannya adalah agar customer tidak bosan serta untuk memperbesar kemungkinan closing. Bagaimana cara membuat format follow up closing? klik disini untuk mempelajarinya.
  5. Beritahu kelangkaan barang
    Untuk meningkatkan kemungkinan closing atau membuat customer segera melakukan transfer, Juragan bisa menggunakan teknik kelangkaan barang. Misalnya, Pagi kak buku sapi ini laris manis. Stocknya tinggal 5pcs aja. Kira-kira kakak bisa transfer kapan ya kak?

    Ingat! Jangan bohong. Jangan memanipulasi data. Rejeki Juragan nanti jadi  tidak berkah. Katakan apa adanya. Jika barang sisa 1 maka katakan sisa 1. Jika stock barang sisa 5 maka katakan sisa 5.

    Tapi jika stok barang sisa 100 harus bilang apa?
    Apakah teknik kelangkaan ini tidak bisa digunakan jika stock barang masih sisa banyak? Jawabannya tentu teknik kelangkaan ini masih bisa digunakan tanpa perlu berbohong. Misalnya Juragan bisa bilang,”Kak buku ini laris manis loh bisa pesan sekarang mumpung stocknya lagi ada”.

Semoga teknik closing singkat diatas dapat memberikan insight dan pengetahuan baru untuk Juragan. Dan semoga kedepannya setelah membaca artikel tips ampuh closing penjualan online ini, Juragan bisa closing lebih baik lagi. Amin.

Catatan Tambahan

  1. Untuk promo jangan sekaligus diberikan tapi harus pintar-pintar.Tanyakan pada customernya tentang kondisi dan kebutuhan customer. Berikan sesuai kondisi dan kebutuhan customernya.
  2. Materi FU nya harus terkonsep agar tidak membosankan calon customer
  3. Untuk follow up jika customer tidak percaya maka bisa ditawarkan untuk telpon atau video call. untuk meningkatkan trust terhadap produk. 

Share this post