Thai green tea akhir-akhir ini menjadi minuman yang cukup tren dan sudah banyak dijual outlet-outlet minuman. Selain manis es green tea juga menyegarkan serta cepat mengembalikan energi tubuh yang hilang (karena mengandung gula).

Jika Juragan berniat ingin menjual es green tea di bulan Ramadhan, bisa banget loh.  Tidak ada salahnya untuk membuat dan menjualnya sendiri karena selain enak proses pembuatannya pun terbilang tidak sulit.

yuk langsung simak saja resep dan cara membuatnya di bawah ini.

Bahan-bahan yang diperlukan:

  1. 2 sdm bubuk green tea
  2. 1 cup susu cair full cream
  3. Gula pasir secukupnya
  4. 1 sdt sirup vanila
  5. Es batu secukupnya

Cara membuat:

  1. Siapkan blender, lalu masukkan bubuk green tea, susu cair, gula pasir, dan sirup vanila. Kemudian tutup blender dan proses hingga semua bahan tercampur rata.
  2. Siapkan gelas, lalu isi dengan es batu. Tuangkan green tea ke dalam gelas. Tambahkan sedikit bubuk green tea sebagai toping supaya tampilannya lebih menarik.
  3. Jika ingin lebih manis lagi, tambahkan sirup vanila secukupnya, lalu aduk-aduk hingga rata. Es green tea siap disajikan.

Untuk saran wadah agar mudah untuk dijual disarankan menggunakan botol minuman plastik 250ml atau  gelas plastik yang ada tutupnya atau plastik bening.

Estimasi harga yang harus dikeluarkan untuk modal:

  1. 2 sdm bubuk green tea Rp 380,-
  2. 1 cup (240 ml) susu cair full cream Rp 5000,-
  3. 1 sendok Gula pasir Rp 150,-
  4. 1 sdt sirup vanila Rp 250,-
  5. Botol minuman plastik 250ml Rp 900,-

Berdasarkan data diatas total modal awal untuk membuat 1 porsi es green tea (250ml) membutuhkan modal Rp 6.680,- (Harga belum termasuk es batu).

Harga Jual - hpp = profit

Jika harga Jual es sarang burung melon  tersebut adalah Rp 15.000,-. Maka profit yang akan diperoleh sekitar Rp8.320,-/gelasnya.

Jika ingin menjual dengan harga lebih murah juragan bisa mengganti wadah tersebut dengan plastik bening atau menjualnya dengan porsi yang lebih kecil misal 100ml.

[Catatan : harga berdasarkan harga di bandung, harga bisa berbeda tergantung lokasi tempat tinggal Juragan]

Semoga resep di atas bisa membantu ya usaha Juragan di bulan Ramadan ini ya! Amin. Selamat mencoba!

Meskipun begitu utamakan perbanyak ibadah ya. Jangan melulu fokus mikirin bisnis ya!

Share this post