Mungkin Juragan sedang pusing karena minyak goreng di dapur sudah habis.

Mungkin Juragan sedang sedih karena gak kebagian minyak walaupun sudah lama mengantri.

Atau mungkin Juragan sedang bingung karena harga minyak goreng sudah melambung tinggi.

Bagaimana cara mengatasi masalah tersebut?

Mungkin Juragan bisa mencoba memasak makanan tanpa menggunakan minyak. Terlalu sering mengkonsumsi makanan yang digoreng ternyata itu kurang baik untuk tubuh. Makanan yang digoreng berbahaya karena mengandung kadar lemak dan kolesterol yang tinggi.

Berikut adalah tips mengolah makanan tanpa perlu minyak

  1. Menggunakan Wajan Anti Lengket

Cara memasak tanpa menggunakan minyak paling tepat adalah dengan menggunakan panci atau wajan anti lengket.

2. Menumis

Metode memasak ini sudah tidak asing untuk masyarakat Indonesia. Namun, mungkin tidak banyak orang yang tahu bahwa menumis tidak selalu menggunakan minyak goreng ataupun mentega.

Cara yang bisa kita gunakan adalah dengan menggunakan sedikit air atau kaldu. Saat menggunakan metode ini jangan lupa untuk mengaduknya secara berkala sampai pada kematangan yang diinginkan.

3. Mengukus

Mengukus adalah metode memasak simpel yang mudah serta sehat karena tanpa penambahan lemak. Ketika dikukus makanan dapat mempertahankan rasa, nutrisi dan warna asli makanan. Saat menggunakan metode ini disarankan untuk menggunakan api sedang. Jangan lupa panci ditutup rapat agar mencapai kematangan dan tekstur yang diinginkan.

4. Menggunakan Bawang

Metode memasak ini masih menggunakan panci anti lengket. Fungsi menggunakan bawang disini adalah untuk memunculkan rasa dan gurih alami pada makanan.

Saran ketika menggunakan metode ini adalah saat awal menumis, masukan cairan (air atau kaldu) dan bawang hingga menguap serta warna bawang berubah kecoklatan. Tambahkan sedikit garam untuk menghilangkan kelembaban bawang lalu masukan makanan yang ingin dimasak.

5. Memanggang dengan oven

Teknik memasak tanpa minyak yang lain adalah dengan menggunakan oven. Saat menggunakan metode ini kita tidak perlu menambahkan minyak goreng untuk melapisi makanan. Namun, metode ini membutuhkan waktu yang cukup lama agar makanan dapat terpanggang secara menyeluruh.

6. Merebus

Juragan hanya perlu menyediakan panci, kaldu atau air biasa untuk membuat bahan makanan menjadi empuk dan lembut. Hal yang perlu diperhatikan adalah ketika pemanasan, gunakan api kecil agar air tidak cepat habis.

7. Blanch

Cara satu ini baik digunakan untuk mengolah sayuran. Gado-gado, pecel, karedok biasanya menggunakan sayuran yang sudah direbus. Namun dengan metode ini, sayuran tetap mempertahankan tekstur alaminya.

Juragan perlu mendidihkan air, kemudian masukkan sayuran sekitar 30 detik. Setelah itu, ambil sayuran dan segera masukkan ke air es untuk menghentikan proses memasak.

Itulah TIPS memasak makanan tanpa menggunakan minyak. Semoga bermanfaat ya

Share this post