Copywriting adalah sebuah tindakan menulis tulisan dengan tujuan untuk mengiklankan atau memasarkan sebuah produk, bisnis, seseorang, opini atau ide. Sang pembaca tulisan tersebut diharapkan akan terbujuk untuk membeli produk yang diiklankan, atau menyetujui sudut pandang dari isi tulisan yang telah dibagikan.

Skill ini penting untuk bisnis online karena menuntut seni memasarkan atau mendeskripsikan suatu produk lewat teks. Dengan segala keterbatasan kata-kata, Juragan harus membuat pelanggan tertarik terhadap produk Juragan lewat beberapa kalimat saja.

4 kata ini adalah kata-kata yang ‘ajaib’ secara psikologi dan meningkatkan kesempatan para konsumen untuk membeli sebuah produk dan tentunya meningkatkan jumlah penjualan Juragan.

1. Anda

Menurut salah satu penyedia layanan ecommerce: Shopify, ‘You‘ atau ‘Anda’ adalah kata paling kuat di seluruh Inggris. Dengan kata ini, pembaca seolah-olah diajak bicara secara langsung. Sebenarnya tidak harus selalu "Anda" tapi juga beragam kata gantinya, seperti "Kamu" "Kakak" "Juragan" atau mungkin Juragan punya sapaan sendiri untuk pembeli Juragan? Intinya adalah menulis seakan-akan kita berkomunikasi langsung dengan pelanggan.

2. New (Baru)

Ketika Juragan melihat sesuatu yang ‘baru’, Juragan pasti merasa tergugah, exciting, penasaran, dan perasaan menginginkan lainnya.

Dr. Bianca Whittman adalah seorang ilmuwan yang mempelajari kata-kata yang digunakan para copywriter dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi pelanggan

Dia mengatakan seperti ini ketika meneliti sebuah produk permen sebagai contoh, “Saya menyukai cokelat batang yang biasa saya makan, namun melihat repackaging dari cokelat ini, disertai dengan kata-kata “New, improved flavor” menjadikan saya ingin beralih dari cokelat kesukaan saya.”

Konsumen punya keterikatan yang positif terhadap kata ‘New‘. Juragan secara konstan pasti menginginkan baju baru, gadget baru, mobil baru. Sebagai pengusaha toko online, Juragan harus memainkan kata ini sebanyak mungkin yang Anda mampu.

3. Gratis

Siapa yang tidak tertarik dengan kata ‘Gratis’? Kata ini mempengaruhi emosional dan ketertarikan seseorang.

Saat Amazon melakukan uji coba dengan menerapkan gratis ongkos kirim untuk pembelian di atas $99, pembeli merasa mereka harus membayar $10 lagi untuk mendapatkan fasilitas tersebut. Padahal, biaya ongkos kirim yang diperlukan hanyalah $3,95.

Gregory Clotti, founder dari Sparring Mind, berpendapat bahwa kata ‘gratis’ mengekspos keengganan banyak orang untuk kehilangan lebih banyak.

Pada November 2012, Amazon menurunkan minimal order-nya menjadi $75 untuk mendapatkan gratis ongkos kirim, rata-rata pembelinya memesan sejumlah $80. Juragan juga pasti lebih suka gratis ongkir kan daripada promo lainnya?

4. Bergaransi

Kata ‘bergaransi’ menjadi semacam janji untuk kepuasan para konsumen jika mereka membeli suatu produk. Konsumen merasa terlindungi, aman, dan kepercayaan terhadap Anda juga meningkat.

Sebuah studi menemukan bahwa orang-orang punya kecenderungan takut terhadap sesuatu yang mereka harus bayar. Takut rusak, tidak sesuai keinginan, cepat busuk, berdampak buruk terhadap kesehatan, dan lain sebagainya. Dengan menjamin pembelian mereka, resiko merasa takut ini bisa ditekan sehingga pembeli tidak merasa ragu lagi untuk membeli produk Juragan.

Juragan sebaiknya memberikan garansi atau jaminan, misalnya “Jaminan Uang Kembali”, namun harus disertai dengan beberapa aturan supaya pelanggan tidak seenaknya memanfaatkan maksud baik Juragan.

Gimana? Sudahkah Juragan menerapkan 4 kata ini dalam bisnis Juragan?

Untuk tips and trik bisnis lainnya, jangan lupa subscribe di blog ini ya. Dapatkan juga konten-konten premium secara GRATIS khusus untuk member Blog Yukbisnis.

Share this post